Pages

Search

Friday 13 August 2010

Tahapan Latihan Kendo

1. Keiko. Secara sederhana berarti latihan. Pada tahap ini gerakan-gerakan dasar disempurnakan melalui pengulangan secara perlahan, dengan memecah rangkaian kata(rangkaian gerakan dasar baku) menjadi beberapa bagian, dan memahami bagaimana teknik-teknik yang dipelajari diterapkan dalam situasi perkelahian. Dengan cara berlatih seperti ini, seorang samurai belajar memahami prinsip-prinsip Metsuke (penggunaan indra penglihatan dengan benar), Seme (pemberian tekanan terhadap lawan) untuk dapat menguasai lawan, Maai(jarak jangkauan), dan Ma (tempo). Untuk melalui tahap latihan ini memerlukan waktu 5 (lima) tahun latihan rutin. Tahap latihan Tanren yang dimulai tiga atau empat tahun sejak awal latihan akan bersinggungan dengan tahap latihan Keiko ini.


2. Tanren berarti menempa, sebagaimana layaknya sebilah pedang ditempa, dengan kerja keras, keringat, dan pengorbanan waktu, mengharmoniskan unsur-unsur keras dan lembut dalam jasmani, mental, dan gerakan, seperti sebilah pedang yang memperoleh kekuatan dari kombinasi antara baja yang keras dan baja yang lunak. Sang murid mulai berlatih tanpa memperhatikan benar atau tidaknya gerakan yang dilakukan (walaupun demikian, gerakan-gerakan yang dilakukan harus tetap benar dan efektif) dan mengulang rangkaian kata secara keseluruhan tanpa terputus, dengan penghayatan seperti layaknya dia sedang benar-benar dalam situasi Shinken Shobu (duel dengan menggunakan pedang sampai mati). Pada tahap ini, postur tubuh menjadi semakin baik, gerakan-gerakan tubuh juga semakin alami, dan teknik-teknik menjadi semakin efektif karena penguasaan tempo yang lebih baik dan spontan. Sejalan dengan meningkatnya kepercayaan diri dan Kigurai (pembawaan, sikap) berkembang, latihan meningkat ke tahapan yang disebut Renshu.

3. Renshu. Ren berarti memoles, untuk menyempurnakan latihan dengan cara meneruskan latihan keiko and tanren. Memoles dalam hal ini juga berarti memoles semangat / mental dan watak / karakter melalui pemahaman secara lebih rinci dan penafsiran. Untuk memperlihatkan adanya sikap kasih yang diperlukan untuk menghilangkan sifat egois, dan sombong dalam mengajar. Hal ini menuntun pada gelar Renshi, yang berarti seseorang yang memiliki kecakapan dan watak yang tersempurnakan dengan latihan. Gelar ini tidak diberikan kepada tingkat di bawah Dan 6 dan hanya diberikan oleh All Japan Kendo Federation (ZNKR). Setelah tahap ini, gerakan-gerakan menjadi lebih perlahan dan lembut, yang jika dilihat oleh mata awam nampaknya kurang efektif, tetapi teknik yang dilakukan sempurna dalam hal efisiensi, tidak menggunakan kekuatan sampai pada saat memotong dengan pedang dilakukan, sikap tubuh tetap tenang tetapi kondisi mental dan pikiran terus-menerus tetap awas dan siaga. Hanya setelah melalui tiga tahapan ini dan memperlihatkan kesederhanaan akan gerakan yang benar, dan memahami keseluruhan tahapan latihan ini melalui pengalaman pribadi barulah seorang murid dapat mencapai tingkat Dan 7 dan menerima gelar Kyoshi (tingkat guru) dari ZNKR.


Read the original English text of this translation text:

No comments: